Senin, 06 Februari 2012

Tips Memilih Shampo yang Tepat untuk Rambut


Jadilah.com - Tips Memilih Shampo yang Tepat untuk Perawatan Rambut Anda. Salah satu bagian dari perawtan rambut adalah memilih Shapo yang tepat. Masalahnya adalah tidak semua orang tahu bagaimana cara memilih Shampo yang cocok untuk jenis rambut mereka. Menggunakan Shampo yang salah bisa jadi justru menyebabkan timbulnya beberapa masalah rambut, seperti rambut rontok atau rambut bercabang.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips atau panduan dalam memilih Shampo:

Kenali Tekstur rambut Anda

Hal yang pertama harus kita lakukan adalah mengenali tekstur rambut, apakah ia cabangnya besar dan berisi, atau tipis dan rapuh, apakah ia lurus atau keriting. Tekstur inilah yang akan membantu kita menentukan shampoo mana yang harus dipilih. Rambut keriting tidak membutuhkan shampoo berjenis volumizing, karena ia akan terlihat terlalu mengembang. Sedangkan rambut tipis membutuhkan shampoo volumizing sehingga ia terlihat lebih sehat dan berisi.

Kenali masalah rambut Anda

Terlebih dahulu Anda harus mengenali problem rambut apa yang sedang Anda alami. Jika rambut Anda tidak memiliki masalah dengan ketombe, jangan memilih shampoo yang formulanya diciptakan untuk mengatasi ketombe. Apabila kulit kepala Anda jenis yang berminyak, maka pilih shampoo dengan formula yang bisa mengurangi kandungan minyaknya.

Tentukan gaya Anda

Salah memilih shampoo akan membuat gaya rambut jadi terlihat biasa. Mereka yang memangkas rambutnya bob style disarankan untuk memilih shampoo volumizing agar bentuk nya terlihat cantik dan mengembang sempurna. Dan apabila Anda punya wavy style, maka pilih shampoo yang khusus untuk wavy hair.

Berikan proteksi pada rambut

Beberapa rambut dengan kondisi khusus memang membutuhkan perlindungan lebih, seperti rambut yang diwarnai, rambut setelah dismoothing atau diluruskan, rambut yang dikeriting, mereka membutuhkan perawatan shampoo yang khusus untuk menjaga penampilan dan melindungi mereka. Hindari memilih shampoo yang berfungsi menghitamkan padahal rambut Anda sedang diwarnai dengan warna lain, hal ini akan mengakibatkan warna cat rambut jadi pudar.

Kenali jenis rambut Anda

Apakah rambut Anda kering, berminyak atau kombinasi di antara keduanya? Anda harus tahu hal dasar tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih mudah memilih dan menentukan nutrisi mana yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menemukan Shampo yang tepat bagi rambut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar