Sabtu, 03 Desember 2011

[proses editing] PROSES PRODUKSI VIDEO


PROSES PRODUKSI VIDEO

a.      Pra produksi
Merupakan tahapan perncanaan atau secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video )
1)     Outline       :  rencana kasar sebagai dasar pelaksanaan  yang mana outline dijabarkan dengan membuat point-point pekerjaan yang berfungsi membantu kita mengidentifikasi material apa saja yang harus dibuat, didapatkan, atau disusun supaya pekerjaan kita dapat berjalan
2)    Scenario     : dengan menggunakan outline saja sebenarnya sudah cukup untuk memulai tahapan pelaksanaan produksi, tetapi dalam berbagai model proyek vodeo, seperti iklan televise, company profil, sinetron, drama televise, film cerita dan film animasi tetap membutuhkan scenario formal yang berisi dialog, narasi, catatan tentang setting lokasi, action lighting, sudut dan pergerakan kamera, sound atmosfer.
3)     Story board : apabila kurang cukup dengan outline dan scenario, maka kita dapat pula menyertakan story board dalam rangkaian perencanaan proses produksi kita . story board merupakan coretan gambar atau sketsa seperti gambar komik yang menggambarkan kejadian dalam film.
4)    Rencana anggaran biaya : ketika kita sedang mengerjakan proyek professional ataupun pribadi maka sangat diannjurkan untuk merencanakan anggaran biaya produksi yang berguna untuk mengamankan keuangan perusahaan. Rencana anggaran biaya meliputi  gaji untuk kita, rekan kerja, actor dan talent diantaranya:
1.   Efek spesialis
2.  Grafik desaigner
3.   Musisi
4.  Narator
5.  Animal tran
Begitu pula dengan pembelian kaset, biaya sewa lokasi , kostum , property, sewa peralatan, catering.

b.   Production / produksi
Pada saat shooting berlangsung merekam kejadian langsung adegan animasi dan suarasuara pada film video tape untuk menghasilkanklip disebut dengan production atau proses produksi, selama proses produksi berlangsung, perhatian kita tertuju pada lighting atau pencahayaan dan blooking, shooting (pergerakan kamera dari sudut mana kita lihat.
c.   Post production / Paska produksi
Setelah  proses produksi maka akan dihasilkan koleksi klip video untuk membangun dan menyampaikan cerita maka harus mengedit dan menyusun klip-klip tersebut serta menambahkan efek visual , ganbar, tilled dan soundtrack.  Proses diatas disebut dengan paska produksi. Berikut ini merupakan aplikasi dari adobe yang khusus dirancang untuk proses paska produksi:
-          Adobe premier pro : merupakan aplikasi editing yang real time yang nyata untuk para professional dalam bidang digital video production.
-          Adobe after effect : merupakan aplikasi khusus untuk mition grafik dan visual effect.
-          Adbe audition  : merupakan aplikasi professional untuk pengolahan audio digital
-          Adobe premier   DVD :merupakan aplikasi professional untuk DVD autoring.
Selain palikasi-aplikasi diatas dikenal pula dua aplikasi grafis professional yang juga memainkan peranan penting dalam menghasilkan ekemen grafis berkwalitas tinggi aplikasi tersebut adalah adobe photo shop dan adobe illustrator. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar