Sabtu, 03 Desember 2011

[mulok] CARA INSTALASI XAMPP

CARA INSTALASI XAMPP  SERVER  LOCALHOST DI  KOMPUTER

INSTALASI XAMPP
XAMPP Zip file yang barusan anda download harus dibuka dulu (unzip) menggunakan WinZip atau 7Zip. Berikut langkah-langkah instalasi XAMPP Lite di Windows XP:
1.    Klik ganda file installer XAMPP versi 1.7.0yaitu file  xampplite-win32-1.7.0.exe hingga keluar pop up windows Security Warning. Klik Run.
2.    Lalu pilih directory C:/ dan Klik Extract.
3.    Tunggu sampai ekstraksi selesai.
4.    Masuk ke drive C: dan klik folder Xampplite
5.    Lalu klik dua kali file xampp-start.exe untuk menjalankan XAMPP server. (Note : Perhatikan juga file xampp-stop.exe dengan logonya bertanda “X” yang nantinya dipakai untuk mematikan XAMPP server bila selesai digunakan).
6.    Tunggu sampai proses instalasinya XAMPP server selesai ditandai dengan keluarnya DOS Windows dengan tulisan “Apache +MySQL is starting now.” Klik tombol Minimize agar XAMPP server tetap jalan tapi tidak tampak di layar computer.
7.    Sekarang XAMPP server localhost telah ada di system computer anda tapi belum aktif.  Dan selama digunakan DOS Windows tidak boleh dimatikan.
8.    Bila anda nantinya telah selesai membuat dan mengotak-atik blog wordpress anda, dan anda akan mematikan server localhost ini, maka gunakan file xampp-stop.exe yang berada juga dalam folder xampplite di drive C: .
9.    Untuk mengaktifkan XAMPP server localhost, mak sekarang jalankan salah satu web browser anda misalnya Firefox, Internet Explorer, Google Chrome atau Opera. Lalu ketikkan http://localhost pada address bar web browser dan tekan Enter maka anda akan dibawa ke control panel (isitilah populernya CPanel) localhost XAMPP server. Klik English atau Indonesia sebagai pilihan bahasanya.
10.    Lalu keluar tampilan CPanel dari XAMPP server. Klik pada menu “Status “ dan pastikan status semua komponennya seperti MySQL database dan PHP telah teraktivasi.
11.    Selamat XAMPP server localhost anda telah aktif dan siap beraksi. Dan ingat  selama digunakan DOS Windows tidak boleh dimatikan.
12.    Selesai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar